Sejarah Kopi Dunia

Sumber Gambar: Crema Coffee Garage

Banyak kabar yang beredar mengenai sejarah kopi, baik itu legenda maupun fakta. Berikut beberapa informasi yang berhasil dirangkum oleh MAGYS mengenai sejarah kopi di dunia. Ada sumber yang mengatakan bahwa kopi ditemukan tahun 800 SM, ada juga yang tahun 850 SM, di sebuah wilayah bernama Abyssinia di Ethiopia. Pada saat itu mereka kopi dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh.

Kemudian biji kopi dibawa oleh pedagang Arab ke Yaman, untuk dijadikan barang dagangan. Dan sejak saat itu Bangsa Arab memonopoli perdanganan kopi, dengan sengaja mengeksport biji kopi yang sudah dimasak dan dikeringkan supaya infertile, sebelum dieksport. Dengan tujuan agar kopi tidak dapat tumbuh di luar Arab. Perdagangan ini dilakukan melalui Pelabuhan Moka yang terletak di Yaman. Moka merupakan wilayah yang sangat dikenal sebagai pusat perdagangan kopi di awal abad modern, sekitar tahun 1500an. Mocha merupakan satu-satunya pusat lalu lintas perdagangan biji kopi, sehingga orang Eropa menyebut kopi sebagai Moka.

Tahun 1615, untuk pertama kalinya biji kopi masuk ke Eropa, secara legal, dibawa oleh orang Turki. Orang-orang Eropa mulai mengembangkan perkebunan kopi. Namun karena iklimnya yang tidak cocok,  mereka mencoba membudidayakan kopi di daerah-daerah jajahannya. Usaha ini membuahkan hasil, sehingga Eropa tidak perlu lagi tergantung kepada Arab dalam hal produksi kopi.

Salah satu daerah jajahan Eropa (Belanda) adalah Indonesia, pada saat ini. Pulau Jawa, dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas baik. Hingga muncul istilah, cup of Java. Masih ingat kan, kapan kopi mulai masuk di Indonesia? Sebelumnya hal ini pernah dibahas di artikel berikut: Sejarah Kopi di Indonesia.

ARABICA LUWAK GAYO

Origin: Aceh
Roasting Profile: Medium
Roasting Date: Freshly Roasted
Cupping Notes: Chocolaty, Orange, Floral, Sweet Fruity
Nett weight: 100gr
Tersedia dalam bentuk: Biji & Bubuk

Ada cashback untuk pembelian tanggal 13 – 19 Agustus 2019. Ayo belanja, klik di sini.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: