Coffee Belt

Seringkali kita mendengar kopi hanya dihasilkan di seputaran daerah yang sama? Ternyata, di dunia ini, pertumbuhan kopi yang berkualitas baik memang terbatas di daerah-daerah tertentu. Biasa disebut dengan coffee belt, mungkin teman-teman sudah sering mendengar istilah ini. Kali ini, MAGYS akan membahas secara singkat mengenai coffee belt. Mulai dari posisi, negara mana saja dan karakter kopi secara umum dari setiap wilayah.

Sumber Gambar: UTZ.org

Secara presisi, coffee belt terletak di antara garis balik utara (tropic of Cancer) dan garis balik selatan (tropic of Capricorn). Mudahnya, coffee belt sejajar dengan garis khatulistiwa. Negara-negara di wilayah coffee belt, memiliki tanah yang subur, curah hujan yang banyak, temperature udara yang sedang (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) dan memiliki musim kemarau yang cukup. Sehingga kopi, arabika maupun robusta, dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di daerah ini. Kebanyakan daerah yang ada berada di coffee belt memiliki wilayah gunung berapi, sehingga wilayah ini sering juga disebut sebagai the ring of fire.

Ada 4 wilayah besar yang berada di coffee belt:

  • Amerika Tengah

Di wilayah ini, tepatnya Hawaii, terdapat jenis kopi yang jarang ditemui dan disukai banyak orang, yaitu kopi Kona. Kopi ini tumbuh di wilayah pegunungan berapi Mauna Loa. Kopi ini sudah terkenal sebagai salah satu kopi terbaik sejak abad ke-18.

Negara penghasil kopi yang termasuk di wilayah ini: Costa Rica, Guatemala, Honduras, Mexico, Nicaragua, Panama, El Salvador.

  • Amerika Selatan

Colombia, merupakan negara ke-3 terbesar exporter kopi. Selain itu, Colombia juga merupakan negara pertama di dunia yang memproduksi kopi, baik Arabica maupun Robusta.

Negare penghasil kopi yang termasuk di wilayah ini: Bolivia, Brazil, Colombia, Equador & Peru.

  • Africa & Arabia

Di Afrika, perkebunan Sidamo dan HarrarKaffa merupakan produsen utama kopi. Kopi Kenya, termasuk kopi terbaik di dunia. Dari Afrika inilah muncul jenis kopi Geisha, yang tentu namanya familiar. Geisha juga merupakan salah satu kopi terbaik di dunia.

Dari Arabia, Yemen dikenal sebagai tempat pertama kalinya kopi ditemukan.

Negara penghasil kopi yang termasuk di wilayah ini: Burundi, Congo, Ethiopia, Kenya, Rwanda, Tanzania, Uganda, Yemen, Zambia, Zimbabwe.

  • Asia

Indonesia, merupakan wilayah terluas penghasil kopi dan dikenal sebagai produsen kopi yang berkualitas. Kopi mulai masuk ke Indonesia di abad 17 (baca: Sejarah Kopi di Indonesia). Jika Amerika Tengah memiliki Kopi Kona, dan Afrika memiliki Kopi Geisha, Indonesia memiliki Kopi Luwak yang juga sangat dicintai oleh penggemar kopi dunia.

Negara penghasil kopi yang termasuk di wilayah ini: Indonesia, India, Myanmar, Vietnam, Papua New Guinea.

Setiap wilayah tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Apa kopi favorite kamu? Ayo share di komen di bagian bawah.

Origin: Aceh, Gayo
Cupping notes: Bold, earthy, dark chocolatey, butterscotch, spicy
Roasting Profile: Medium
Tersedia: Biji & Bubuk
Berat Bersih: 250 gr
Ada cashback untuk pembelian tanggal 19 – 25 Agustus 2019. Ayo belanja, klik di sini.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: