Wine Coffee

Apa yang muncul pertama kali ketika mendengar kata “Kopi Wine” atau “Wine Coffee”? Kopi rasa wine? Wine rasa kopi? Kopi ini merupakan salah satu kopi yang unik, karena cara pemrosesannya yang berbeda dan tentu rasanya yang unik, kombinasi antara wine dan kopi.
Konon ceritanya, wine coffee sudah ada sejak dulu. Berawal dari para penggembara Arab yang ingin minum wine, namun tidak memungkinkan, sehingga mereka melakukan proses fermentasi kopi dan voila! Jadilah Wine coffee. Ada yang pernah mendengar tentang cerita ini?Apa yang muncul pertama kali ketika mendengar kata “Kopi Wine” atau “Wine Coffee”? Kopi rasa wine? Wine rasa kopi? Kopi ini merupakan salah satu kopi yang unik, karena cara pemrosesannya yang berbeda dan tentu rasanya yang unik, kombinasi antara wine dan kopi.
Cukup tentang mitosnya, sekarang kita bahas tentang wine coffee ini mulai dari cara tanam, pemrosesan dan rasa/araoma yang timbul.
Kopi yang cocok digunakan untuk membuat wine coffee adalah kopi yang ditanam di ketinggian di atas 1500 mdpl, namun bukan berarti wilayah dengan ketinggiain di bawah 1500 mdpl tidak bisa membuat kopi wine. Kenapa harus di ketinggian tersebut? Karena semakin tinggi wilayah penanaman, semakin banyak pula getah yang dihasilkan. Getah ini lah yang nantinya akan mempengaruhi proses pembuatan wine coffee. Sedangkan jenis kopinya, bisa apa saja.

CARA PEMBUATAN

Pertama-tama, petani akan memilih buah-buah kopi yang sudah matang sempurna. Kemudian buah kopi dijemur selama kurang lebih 60 hari, bahkan ada yang lebih lama lagi. Selama proses penjemuran, getah yang terdapat pada daging buah akan kembali meresap ke biji kopi. Sehingga ini lah yang menimbulkan hint wine pada coffee wine.
Selain wine Gayo, juga ada jenis lainnya seperti wine Ciwidey dan wine Robusta. Ada yang sudah pernah coba? Secara pribadi, rasanya memang unik, hint wine terdapat di dalam minuman kopi, dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Wine Gayo memiliki hint winey, banana, pineapple, vinegar, sourly, strong acid.
Ada yang sudah pernah mencoba? Ayo share pengalamanmu di bagian comment.
Buat yang penasaran, MAGYS juga punya koleksi Wine Gayo, dan ini merupakan salah satu best seller dari MAGYS.

Sumber Gambar: Last Bottle Wines

ARABICA WINE GAYO
Nama Kopi: Wine Gayo
Origin: Aceh
Roasting Profile: Medium
Roasting Date: Freshly Roasted
Cupping Notes:  Winey, banana, pineapple, vinegar, sourly, strong acid
Nett weight: 100gr
Tersedia dalam bentuk: Biji & Bubuk

Ada cashback untuk pembelian tanggal 17 – 23 September 2019. Ayo belanja, klik di sini.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: