Sumber: Telegraph

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari sejak dulu. Kopi menimbulkan kontroversi, di satu sisi, kopi dapat meningkatkan daya ingat, mengandung banyak antioksidan, di sisi lain, kopi juga dipercaya dapat menaikkan tekanan darah, detak jantung, masalah pencernaan dan susah tidur. Bagi para penggemar kopi, jangan khawatir, karena telah dilakukan penelitian berdasarkan ilmu pengetahuan, bahwa kopi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut 10 manfaat dari minum kopi. Dengan catatan, kopi yang diminum adalah kopi hitam tanpa gula. Di artikel kali ini, akan dibahas 5 manfaat pertama bagi kesehatan.

1. Kopi Merupakan Sumber Antioksidan yang Berlimpah

Fakta menyebutkan bahwa kopi memilki lebih banyak antioksidan dibandingkan green tea dan coklat, keduanya dipercaya memiliki banyak antioksidan. Pada biji kopi yang belum diproses, kopi memiliki sekitar 1000 jenis antioksidan, dan ratusan lainnya terbentuk pada pemrosesan biji kopi. Sejumlah penelitian mengutip bahwa sebagian besar antioksidan terdapat pada kopi, dan dalam beberapa kasus kopi merupakan sumber antioksidan utama.

Cara Kerja

Antioksidan dapat melawan peradangan yang merupakan penyebab mendasar dari berbagai kondisi kronis seperti radang sendi, aterosklerosis dan berbagai jenis kanker. Antioksidan juga menetrailisir radikal bebas yang terbentuk secara alami dari metabolisme sehari-hari yang dapat menyebabkan stress oksidatif [1]sehingga menimbulkan kondisi-kondisi kronis. Dengan kata lain, antioksidan membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusukan hingga level mikro. Terakhir, asam klorogenik (Baca: Keasaman dan Asam pada Kopi), merupakan antioksidan penting yang secara ekslusif ditemui pada kopi juga dianggap mampu mencegah kardiovaskular.

2. Kopi Meningkatkan Daya Ingat Jangka Pendek

Sekelompok relawan diberikan 100 mg kafein (setara dengan jumlah kafein yang terkandung dalam secangkir kopi). Para peneliti di Austria menemukan terdapat peningkatan aktivitas otak para relawan ketika melakukan sejumlah pekerjaan yang memerlukan daya ingat. Peningkatan tersebut diketahui dari pengukuran menggunakan functional magnetic resonance imagery (fMRI). Para peneliti juga mencatat terjadi peningkatan daya ingat dan waktu bereaksi pada para relawan dibandingkan pada sekelompok relawan lainnya yang diberikan placebo yang tidak menunjukkan peningkatan apa pun.

Cara Kerja

Kafein mempengaruhi area otak tertentu yang bertanggung jawab atas memori dan konsentrasi dengan meningkatkan kinerja daya ingat jangka pendek. Belum diketahui untuk berapa lama dan bagaiman, masih bervariasi dari masing-masing orang.

3. Kafein Mampu Melindungi Terhadap Penurunan Kemampuan Kognitif[2]

Selain membantu meningkatkan daya ingat dan aktifitas otak, konsumsi kopi secara rutin juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif terkait dengan penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. Sebuah penelitian Finlandia yang menjanjikan, menunjukkan bahwa minum 3 – 5 cangkir kopi sehari di usia paruh baya berhubungan dengan pengurangan risiko sebesar 65% terkena penyakt Alzheimer dan dementia di usia lanjut. Menariknya, peneliti juga meneliti penurunan fungsi kognitif pada peminum teh, namun tidak menemukan hubungannya.

Cara Kerja

Ada beberapa teori tentang bagaimana kopi mencegah penurunan fungsi koginitif. Salah satunya adalah kafein mencegah terbentuknya beta-amyloid plaque yang menyebabkan timbul dan berkembangnya Alzheimer. Para peneliti juga berteori bahwa minum kopi juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 yang juga menyebabkan terjadinya dementia, sehingga menurunkan risiko terkena dementia.

4. Kopi Sehat untuk Jantung

Sebuah studi penting di Belanda, menganalisa lebih dari 37.000 orang selama 13 tahun, menemukan bahwa peminum kopi moderat ( 2 – 4 cangkir per hari) memiliki risiko 20% lebih rendah dibandingkan yang tidak minum kopi, peminum kopi ringan dan berat.

Cara Kerja

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kopi mendukung kesehatan jantung dengan cara melindungi dari kerusakan arteri yang disebabkan oleh peradangan.

5. Kopi Membantu Mengurangi Perkembangan Kanker Tertentu

Pria yang minum kopi berisiko lebih rendah terkena kanker prostat yang agresif. Pada wanita, berdasarkan penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa minum 4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari dapat mengurangi risiko terkena kanker endometrium [3]sebesar 25% dibandingkan wanita yang minum kopi kurang dari itu. Para peneliti juga menemukan hubungan antara minum kopi secara teratur dan tingkat kanker hati, usus, payudara, dan dubur yang lebih rendah.

Cara Kerja

Polifenol, antioksidan fitokimia yang ditemukan dalam kopi, telah menunjukkan sifat anti kanker (anti karsinogenik) dalam beberapa penelitian dan dianggap membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan beberapa tumor.

5 manfaat kopi bagi kesehatan berikutnya, akan dibahas di artikel minggu depan. Simak terus blog MAGYS yaa.


[1] Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Sumber: Wikipedia

[2] Koginitif adalah kemampuan yang diperlukan untuk melakukan berbagai aktifitas (pengetahuan, pemahamanm penerapan, analisa, sintesa dan evaluasi. Sumber: Kompasiana

[3] Kanker endometrium adalah jaringan atau selaput lender rahim yang tumbuh di luar rahim. Padahal, seharusnya jaringan endometrium melapisi dinding rahim. Kanker endometrium tumbuh pada ovarium, tuba falopii, dan saluran menuju vagina. Sumber: Wikipedia.

Nama: Lampung
Origin: Lampung
Cupping Notes: Chocolate, sweet Caramel
Nett Weight: 250 gram
Tersedia dalam bentuk biji dan bubuk.
Ada cashback periode 17 – 23 Desember 2019, klik di sini.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: