Di artikel sebelumnya, MAGYS sudah membahas 5 manfaat minum kopi bagi kesehatan (Baca: Manfaat Minum Kopi Part 1), yaitu sebagai sumber antiokisdan, membantu fungsi kognitif dan daya ingat, baik bagi jantung dan mengurangi risiko terkena kanker tertenu. Berikut 5  manfaat minum kopi lainnya bagi kesehatan.

6. Kopi Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Sejumlah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara rutin minum kopi dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa risiko terkena diabetes turun sebesar 7% untuk setiap cangkir kopi setiap hari. Studi epidemiologi sebelumnya menunjukkan bahwa peminum kopi berat rutin (4 cangkir kopi atau lebih dalam sehari) memiliki 50% risiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan yang tidak minum kopi atau peminum kopi ringan.

Cara Kerja

Para ilmuwan percaya bahwa kopi dapat mencegah diabetes dengan cara:

  1. Membantu tubuh menggunakan insulin dan melindungi sel-sel yang menghasilkan insulin, memungkinkan pengaturan gula darah yang efektif
  2. Mencegah kerusakan jaringan
  3. Memerangi peradangan, factor risiko yang diketahui untuk diabetes tipe 2

Salah satu komponen kopi yang ditemukan, asam caffeic ditemukan sangat signifikan dalam mengurangi akumulasi racun dari penumpukan protein yang abnormal (amyloid fibril) yang ditemukan pada penderita diabetes tipe 2. Kopi tanpa kafein (decaffeinated) dianggap bermanfaat, mungkin lebih bermanfaat, daripada kopi pada umumnya.

Notes: Ada beberapa bukti bahwa kopi menurunkan sensitivitas sel otot terhadap efek insulin, yang dapat mengganggu metabolisme gula dan meningkatkan kadar gula darah. Namun, signifikansi temuan ini masih belum jelas.

7. Your Liver Loves Coffee

Fakta: selain mengurangi resiko kanker liver, konsumsi kopi juga terkait dengan pengurangan risiko terkena sirosis[1], terutama sirosis alkoholik[2].  Sebuah studi di Archives of Internal Medicine menunjukkan korelasi terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis – pengurangan 20 persen untuk setiap cangkir yang dikonsumsi (hingga 4 cangkir).

Cara Kerja

Para ilmuwan menemukan hubungan terbalik antara minum kopi dan kadar enzim hati dalam darah. Peningkatan kadar enzim hati biasanya mencerminkan peradangan dan kerusakan pada hati. Semakin banyak orang yang minum kopi, semakin rendah tingkat enzimnya.

8. Kopi Meningkatkan Kinerja Olahraga

Kita sudah dikondisikan bahwa minum kopi dapat menimbulkan dehidrasi, salah satu alasan para ahli kebugaran menyarankan untuk tidak minum kopi sebelum dan sesudah olahraga. Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi kafein dalam taraf moderat, 500 mg atau setara dengan 5 cangkir kopi per hari tidak cukup membuat seseorang dehidrasi dan mengganggu latihannya. Malahan, kopi membantu mengatasi kelelahan dan memungkinkan kamu berolahraga lebih lama.

Cara Kerja

Kafeine merupakan peningkat kinerja dan daya tahan; tidak hanya melawan kelelahan, tapi juga menguatkan kontraksi otot, mengurangi rasa sakit ketika olahraga, dan meningkatkan asam lemak dalam darah yang dapat mendukung daya tahan.

9. Kopi Mengurangi Depresi

Berbagai penelitian telah mengaitkan minum kopi dengan tingkat depresi yang lebih rendah pada pria dan wanita. Dalam beberapa penelitian, data menunjukkan hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan depresi: dengan kata lain, peminum kopi berat tampaknya memiliki risiko depresi terendah (hingga 20 persen).

Cara Kerja

Para peneliti belum yakin bagaimana kopi bekerja mengurangi depresi, tapi diketahui bahwa kafein dapat mengaktifkan neurotransmitter yang mengendalikan mood (suasana hati), termasuk serotonin dan dopamine.

10. Kopi Mencegah Asam Urat

Studi independen pada peminum kopi, pria dan wanita, menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur mengurangi risiko terkena asam urat. Para peneliti di Nurses’ Health Study menganalisa kebiasaan sehat pada sekitar 90.000 perawat selama lebih dari 26 tahun dan menemukan hubungan positif antara konsumsi kopi jangka panjang dan penurunan risiko terkena asam urat. Manfaatnya dikaitkan dengan konsumsi reguler dan kopi tanpa kafein: wanita yang minum lebih dari 4 cangkir kopi biasa setiap hari memiliki 57% penurunan risiko asam urat; risiko asam urat menurun 22% pada wanita yang minum antara 1 – 3 cangkir setiap hari; dan 1 cangkir kopi tanpa kafein per hari dikaitkan dengan penurunan risiko asam urat 23% bila dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi sama sekali. Temuan serupa telah didokumentasikan untuk pria: studi skala besar lainnya, yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, menemukan bahwa pria yang minum 4 – 5 cangkir kopi per hari mengurangi risiko asam urat hingga 40%, dan mereka yang mengonsumsi 6 cangkir atau lebih menurunkan risiko asam urat hingga 60%.

Cara Kerja

Menurut Nurses ‘Health Study, sifat antioksidan kopi dapat mengurangi risiko asam urat dengan menurunkan insulin, yang dapat menurunkan kadar asam urat (konsentrasi asam urat yang tinggi dapat menyebabkan asam urat).

Dari 10 manfaat kopi yang sudah disebutkan, sebenarnya masih ada manfaat-manfaat lainnya. Jadi, kopi bisa bermanafaat bagi kesehatan, selama diminum hitam dan tanpa gula. Manfaat mana kah yang paling pas untuk kamu?


[1] Sirosis adalah kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut ini terbentuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis atau kecanduan alkohol. Sumber: AloDokter

[2] Sirosis alkoholik adalah penyakit hati yang paling parah, yang terkait dengan minum alkohol. Menurut American Liver Foundation, antara 10-20 persen peminum alkohol berat akan berpeluang mengalami sirosis hati. Sirosis alkoholik sebenarnya tahapan akhir dari penyakit hati yang diakibatkan oleh kebiasaan minum alkohol. Sumber: Hello Dokter

Nama: Betawi Blend
Origin: Indonesia
Cupping Notes: Sweet, orange chocolaty aftertaste, medium acidity
Nett Weight: 250 gram

Tersedia dalam bentuk biji dan bubuk.

Ada cashback untuk pembelian selama periode 24 – 30 Desember 2019, klik di sini.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: