Sumber: Coffee Gear X

Komoditas Kopi saat ini menjadi primadona, semua berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari biji-bijian yang ditemukan pada abad ke-9 yang ditanam oleh orang Ethiopia. Semakin berkembang pesatnya industri kopi saat ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya penikmat kopi yang dimanjakan dengan berbagai varietas kopi dari berbagai daerah. Saat ini, Indonesia menjadi negara terbesar ke-4 di dunia sebagai penghasil kopi, tidak hanya terbesar, biji kopi terbaik pun berasal dari nusantara ini.

Bertumbuhnya industri kopi, sisa-sisa kopi yang berasal dari para penikmat kopi pun bertambah, sisa-sisa kopi atau biasa kita sebut ampas kopi selama ini hanya menjadi hal yang tak berguna, hanya memenuhi tempat sampah. Seiring dengan perkembangan jaman, ternyata saat ini banyak yang memanfaatkan ampas kopi yang sebelumnya hanya menjadi sampah kini menjadi hal yang berguna. Meski sebagai ampas atau sisa, ampas kopi masih memiliki kandungan kafein, vitamin C, antioksidan dan acidity, meski sudah tak terlalu banyak bila dibandingkan dengan saat pertama kali diseduh.

Mungkin di benak kita akan berpikir, bagaimana bisa ampas kopi dapat memberikan manfaat, kita pun akan berpikir jijik karena memikirkan ampas kopi yang berasal dari gelas-gelas sisa para penikmat kopi. Untuk digarisbawahi, ampas kopi yang kita bicarakan disini adalah, ampas kopi yang masih bersih yang berasal dari mesin pembuat kopi maupun ampas kopi yang dipisahkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Berikut, adalah lima kemampuan ampas kopi yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

1. Rendaman dan Scrub Ampas Kopi

Sumber Gambar: Happy Healthy Feet

Terkadang kita dibuat kesal dengan kaki yang kasar bahkan pecah-pecah, namun kini kopi, terutama ampas kopi bisa menjadi solusinya. Ampas kopi memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari telapak kaki, pun begitu dengan sel sel kulit mati pada kaki kita. Rendaman kaki dengan air hangat maupun air dingin disertai ampas kopi akan menstimulasi aliran darah pada kaki yang terendam. Selain sebagai rendaman, ampas kopi juga bisa dipakai untuk scrub kulit.

2. Ampas Kopi Untuk Kecantikan

Sumber Gambar: Freepik

Kandungan kopi yang penuh dengan kafein dan antioksidan sangat baik untuk kita yang mendambakan, kecantikan yang paripurna. Kandungan baik kopi ini mampu mencegah penuaan, menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, kulit muka kita akan lebih kencang dan awet muda. Cara yang dilakukan pun cukup mudah, yakni hanya menggunakan kopi sebagai masker pada wajah. Selama 15 hingga 20 menit, ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya dioleskan pada wajah kemudian dibilas dengan air bersih.

Selain sebagai masker, ampas kopi juga bisa kita pakai sebagai lulur atau scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Lulur ini bisa kita pakai ke seluruh tubuh yang kita inginkan. Kandungan yang dimiliki kopi bisa membantu menghaluskan kulit dan dapat menghilangkan kotoran serta mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa mencampurkan ampas kopi dengan minyak kelapa untuk dibalurkan ke tubuh.

3. Rambut Bersinar dan Kulit Kepala Lebih Sehat

Sumber Gambar: Death Wish Coffee Company

Seringnya pemakaian hair spray, gel rambut atau pomade, tentu berimbas dengan kesehatan kulit kepala dan rambut. Bahan-bahan kimia yang mungkin terkandung di dalamnya tentu memberikan efek yang buruk, belum lagi efek dari paparan sinar matahari serta pemakaian penutup kepala seperti topi juga tak baik bagi kulit kepala dan rambut.

Sebagai solusinya, perawatan terhadap kulit kepala dan rambut tentunya harus berkala dan tepat. Dan kini, ampas kopi bisa menjadi salah satu alternatif perawatan terhadap kulit kepala dan rambut. Selaini berfungsi untuk membuat rambut lebih bersinar dari sebelumnya, rambut pun akan lebih kuat sehingga tidak cepat rusak  usai pemakaian hair sprayatau gelrambut.

Caranya cukup mudah, hanya bilas rambut dengan kopi bersuhu normal lalu gosok menggunakan ampas kopi. Yang harus diperhatikan adalah kopi yang mengenai langsung kulit kepala, hasil yang maksimal akan lebih terlihat. Rambut akan tampak lebih bersinar, sedangkan ampas kopi yang bermanfaat sebagai pewarna alami memang juga bisa, meski hasilnya tidak akan bertahan terlalu lama.

4. Pupuk Alami dan Ramah Bagi Tumbuhan

Sumber Gambar: Grow Veg

Kopi yang kaya akan kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga yang tinggi sehingga akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Kandungan nitrogen yang terdapat pada kopi selain untuk menarik cacing juga berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah. Tanah akan semakin subur dan pertumbuhan tanaman akan semakin baik.

Selain mampu menjadi penyubur tanah, melalui pupuk alami, ampas kopi juga ramah bagi tumbuhan, tak hanya ramah, ampas kopi juga menjadi pelindung tumbuhan dari para hama dan pengganggu. Ampas kopi yang ditaburkan pada tanah akan menjadi musuh alami bagai para penggangu. Aroma kuat yang muncul dari ampas kopi ini dapat mengusir hewan-hewan seperti bekicot, siput dan hewan pemakan daun lainnya. Tak hanya itu, ulat daun yang selama ini muncul untuk menjadi pemakan daun juga tak akan ada lagi, karena kupu-kupu enggan untuk bertelur pada daun tanaman yang telah ditabur ampas kopi.

5. Menghilangkan Goresan dan Warna Kusam pada Furnitur

Sumber Gambar: Smart Life Tricks

Selain begitu banyaknya manfaat ampas kopi terhadap tubuh kita, mulaidari rambut hingga kulit, ternyata ampas kopi juga berguna terhadap furnitur yang kita miliki. Warna yang pudar, goresan kecil dalam sekejap akan terlihat lebih cantik. Hanya dengan menggosok kain lap yang dicelupkan pada kopi hitam kental akan mengembalikan kecerahan warna pada furnitur yang telah kusam. Sedangkan ampas kopi yang kita gosokkan pada furnitur kayu kita, akan menutup goresan-goresan kecil yang tidak kita inginkan.

Itulah, beberapa manfaat ampas kopi yang bisa kita manfaatkan, sembari menikmati secangkir kopi hitam di sore hari yang cerah.

COFFEE OF THE WEEK
Nama: Bali Kintamani
Origin: Bali
Cupping Notes: Dark chocolate, orange, lemon, sweet, syrup like, bitter
Nett Weight: 250
Tersedia dalam bentuk biji dan bubuk.
Periode cashback: 6 – 12 April 2020klik di sini.


Biasa dipanggil Hendra, karena nama lengkapnya Hendra Novianto. Coba kalau namanya bukan itu, pasti gak dipanggil Hendra. Penggemar Kopi Tubruk yang sampai saat ini terdampar di salah satu bank BUMN di Kota Malang. Mantan editor salah satu media nasional, yang memutuskan menjadi seorang penulis lepas, karena udah gak dipakai lagi *ciyan. Kenali Hendra lebih dekat di https://hendranovianto.tumblr.com/ atau IG @the_sastroutomo (https://www.instagram.com/the_sastroutomo/)

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: