Sumber Gambar: Raw Pixel

Kopi, menjadi primadona di tengah industri minuman yang terus berkembang saat ini. Terus berkembangnya industri makanan dan minuman, khususnya minuman kekinian, tak melunturkan kecintaan pada sejenis buah beri yang pertama kali ditemukan secara tidak sengaja di Benua Afrika pada tahun 800 sebelum masehi dan mulai dikonsumsi sebagai minuman berenergi ratusan tahun kemudian oleh bangsa Arab (baca: Sejarah Kopi Dunia).

Sumber Gambar: Drink Feed

Seperti yang kita ketahui, kopi menganndung kafein yang cukup tinggi. Kafein merupakan senyawa hasil metabolisme dari tanaman kopi yang rasanya pahit yang dapat meningkatkan kerja psikomotorik pada tubuh sehingga tetap terjaga karena mampu memberikan efek fisiologis berupa tambahan energi. Bagi Anda yang hobi ngegym, kopi sangat baik dikonsumksi setengah jam sebelum Anda berpeluh keringat mengangkat beban. Kafein mampu meningkatkan adrenalin dalam darah yang dirancang untuk melakukan kegiatan fisik dengan intensitas yang tinggi.  Kemampuan kafein memecah lemak tubuh dan melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan menjadikannya sebagai bahan bakar.

Sumber Gambar: Elite Daily

Namun, tidak hanya kafein, kopi juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin seperti E, B2, B5, mangan, kalium, dan magnesium. Kopi juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup baik bagi tubuh. Antioksidan yang dimiliki oleh kopi tidak jauh beda dengan antioksidan yang dimiliki oleh sayur dan buah, khasiatnya pun sama, untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Sumber Gambar: Scribd

Tak hanya itu, rutin mengkonsumsi kopi juga mengurangi resiko dari gejala penyakit jantung. Kopi mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (jantung). Bahkan kopi diklaim mampu mengurangi tingkat kemungkinan gagal jantung hingga 10 persen.

Sumber Gambar: My Boil Expert UK

Seperti yang kita ketahui, minum segelas coklat hangat mampu meningkatkan mood, atau tingkat kebahagiaan seseorang. Ternyata, kopi juga mampu menjadi obat stres, galau atau bahkan depresi.  Dua gelas kopi dalam satu hari akan membantu menjaga pikiran dan tubuh kita untuk tetap termotivasi positif. Kopi mampu meningkatkan hormon Dopamin, yang akan membuat suasana hati penuh dengan kebahagiaan.

Sumber Gambar: Raw Pixel

Kopi juga mampu meningkatkan daya ingat, nalar serta fungsi sistem motorik. Salah satu penyakit yang paling banyak diderita di dunia, yakni Alzheimer memang tidak bisa disembuhkan, penyakit yang mampu memicu demensia, atau penurunan daya pikir dan daya ingat ini ternyata mampu dicegah bahkan hingga 50 persen.

Banyaknya manfaat dari minum kopi ini tak akan pernah terjadi, bila kopi yang diminum bukanlah kopi asli. Kopi hitam tanpa gula, tanpa krim, susu, atau bahkan tambahan-tambahan bahan lainnya. Kopi asli tanpa tambahan apapun memiliki banyak keuntungan, banyak hal hal baik yang tentunya akan kita dapatkan bila kita mengkonsumsinya juga tidak berlebihan. Itulah beberapa keuntungan mengkonsumsi kopi asli, tanpa tambahan apapun. Karena, kopi itu digiling, bukan disobek.

Nama: Lampung
Origin: Lampung
Cupping Notes: Chocolate, sweet Caramel
Nett Weight: 250 gram
Tersedia dalam bentuk biji dan bubuk.
Ada cashback periode 13 – 19 April 2020klik di sini.


Biasa dipanggil Hendra, karena nama lengkapnya Hendra Novianto. Coba kalau namanya bukan itu, pasti gak dipanggil Hendra. Penggemar Kopi Tubruk yang sampai saat ini terdampar di salah satu bank BUMN di Kota Malang. Mantan editor salah satu media nasional, yang memutuskan menjadi seorang penulis lepas, karena udah gak dipakai lagi *ciyan. Kenali Hendra lebih dekat di https://hendranovianto.tumblr.com/ atau IG @the_sastroutomo (https://www.instagram.com/the_sastroutomo/)

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: