Setiap daerah memiliki caranya sendiri untuk menikmati secangkir kopi, dan tentunya unik. Berikut beberapa cara unik minum kopi di Indonesia, yang bisa jadi inspirasi kamu untuk traveling keliling Indonesia!
Sumber Gambar: Rimba Kit

Minum kopi bukan hanya sekedar menyeruput kopi hitam pekat yang nikmat. Bagi masyarakat Indonesia, minum kopi juga menyatukan segala perbedaan, minum kopi adalah bersama dalam keberagaman. Seperti tradisi minum kopi yang ada di Indonesia, tidak hanya satu, tradisi minum kopi ternyata sangat banyak dan unik, berikut kami rangkum dalam enam tradisi unik minum kopi di Indonesia yang paling populer.

1. Kopi Joss/Arang

Kopi Joss atau Kopi Arang
Sumber Gambar: TravelingYuk.com

Cara minum kopi yang sangat unik dan tentunya memiliki kesan tersendiri, bagaimana tidak, sebelum menikmati segelas kopi hitam, kita akan dibuat joss terlebih dahulu. Iyah, kita akan melihat arang panas yang dicelupkan ke dalam segelas kopi hitam dan mengeluarkan efek joss. Kopi ini bisa kita temukan di kota Gudeg, Yogyakarta.

2. Kopi Walik

Kopi Walik
Foto: Ina Ghassani

Selain sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia, bahkan di dunia, Aceh juga memiliki tradisi minum kopi yang unik. Yakni Kopi Walik, dalam bahasa Indonesia, Walik berarti terbalik. Kopi Walik disajikan dengan gelas terbalik di atas piring kecil, hal ini akan membuat kopi tetap hangat sembari kita bercengkerama bersama rekan-rekan. Cara minumnya bagaimana? Buka sedikit gelas yang terbalik tersebut secara perlahan, kemudian kopi akan keluar ke piring kecil, lalu kita seruput.

3. Kopi Sanger

Kopi Sanger
Sumber: Busy.org

Tidak hanya Kopi Walik, di Aceh juga ada satu tradisi lagi yang cukup terkenal, yakni Kopi Sanger. Air kopi yang sudah disaring, ditarik secara berulang-ulang kemudian dicampur susu dengan ukuran seperdelapan dari ukuran gelas. Kata sanger di Aceh berasal dari akronim “Sama-Sama Mengerti”.

4. Kopi Kawa Daun

Dalam masa penjajahan Belanda, masyarakat Indonesia khususnya salah satu daerah penghasil kopi terbaik, Sumatera, cukup sulit untuk merasakan nikmatnya minum kopi. Pada masa kolonial tersebut, masyarakat dipaksa menanam cengkeh yang merupakan komoditas utama, sehingga mereka tak sempat merasakan kopi. Saat itu mereka hanya mampu mengumpulkan daun kopi kering. Mirip teh, daun kopi kering tersebut kemudian diolah menjadi bubuk. Untuk menikmatinya, Kopi Kawa Daun diseduh menggunakan batok kelapa.

Kopi Kawa Daun
Sumber: Kopi Kawa Daun

5. Kopi Durian

Kopi Durian
Sumber Gambar: Akurat.co

Salah satu tradisi minum kopi dari kota Medan, selain kopi, Medan terkenal sebagai salah satu penghasil rajanya buah, Durian. Masyarakat Medan menikmati secangkir kopi yang diseduh menggunakan daging durian yang sebelumnya telah dihaluskan menggunakan blender yang dicampur dengan es. Nimatnya kopi akan bercampur dengan nikmatnya buah Durian.

6. Kopi Tubruk

Kopi Tubruk
Sumber Gambar: Setubruk Kopi

Kopi Tubruk merupakan tradisi minum kopi yang dapat ditemukan di belahan Indonesia bagian mana pun. Menikmati segelas kopi dengan cara tradisional, tuang air panas ke dalam gelas yang berisi kopi bubuk dengan gilingan yang kasar, ditambah dengan gula atau mungkin juga susu. Semua kalangan bisa menikmatinya, semua daerah bisa membuatnya.

Itulah beberapa tradisi minum kopi yang unik di Indonesia. Bagaimana dengan Anda, lebih suka tradisi yang mana? Yuk, komen.

Biasa dipanggil Hendra, karena nama lengkapnya Hendra Novianto. Coba kalau namanya bukan itu, pasti gak dipanggil Hendra. Penggemar Kopi Tubruk yang sampai saat ini terdampar di salah satu bank BUMN di Kota Malang. Mantan editor salah satu media nasional, yang memutuskan menjadi seorang penulis lepas, karena udah gak dipakai lagi *ciyan. Kenali Hendra lebih dekat di https://hendranovianto.tumblr.com/ atau IG @the_sastroutomo (https://www.instagram.com/the_sastroutomo/)

Kopi Arabica Flores Bajawa

Nama: Flores Bajawa
Origin: Flores
Cupping Notes: Nutty, orange, chocolaty
Nett Weight: 250 gram

Tersedia dalam bentuk biji dan bubuk.

Ada cashback periode 20 – 26 April 2020klik di sini.

Kopi Kaspul Nespresso, Arabica Flores Bajawa

Tersedia juga dalam bentuk Kapsul yang kompatibel dengan mesin Nespresso.

Isi: 10 kapsul.

Ada cashback periode 20 – 26 April 2020, klik di sini.

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: